Sabtu, Juni 01, 2013

Cimahi, The Cyber City dengan Segudang Prestasi

Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda saat mendengar kata ‘Cimahi’? Jujur, bagi saya sendiri, Cimahi itu sangat identik dengan tentara. Ya, tentara. Sebab saat saya kecil, setiap kali berkunjung ke kota Cimahi, orang tua saya selalu mengajak untuk berkeliling melihat-lihat gedung-gedung tua ABRI beserta simbol-simbol tentara yang ada di sana. Sungguh, hingga sekarang, kenangan ‘berwisata’ ke tempat-tempat bersejarah itu masih melekat kuat di dalam memori ingatan saya.

Menginjak SMA, image saya mengenai kota Cimahi meluas. Banyaknya teman yang berdomisili di kota kecil ini menambah nilai kota Cimahi di mata saya. Sebuah kota kecil yang bersih, asri, teratur, dan juga berpendidikan. Bukan tanpa sebab, dibandingkan kota-kota lainnya yang dekat dengan Cimahi, yaitu Bandung dan juga kabupaten Bandung, kota ini rasanya lebih unggul dalam hal kebersihan, keasrian, keteraturan, dan juga pendidikannya.

Cimahi, Kota Wisata Gedung-gedung Tua
Inilah gambaran kota Cimahi yang paling kuat di dalam ingatan saya. Gedung-gedung tua yang masih berdiri dengan megah. Tak hanya gedung-gedung tentara saja, belakangan saya baru tahu bahwa gedung-gedung tua lainnya juga ada di Cimahi. Bagi Anda yang gemar berwisata ke gedung-gedung tua, mengunjungi kota Cimahi bisa jadi alternatif yang tepat.

Rumah sakit Dustira adalah salah satu gedung yang termasuk ke dalam bangunan-bangunan tua yang masih kokoh di kota Cimahi. Dari berbagai literatur disebutkan bahwa rumah sakit ini konon didirikan pemerintah Belanda pada masa kolonial di abad ke-18. Saat itu, pendirian rumah sakit ini ditujukan sebagai rumah sakit militer untuk melengkapi keperluan para prajurit yang bertugas di sana. Dengan gaya desain arsitektur artdeco khas Eropa, rumah sakit ini patut menjadi salah satu tujuan wisata gedung bersejarah di kota Cimahi.

Bangunan-bangun bersejarah di kota Cimahi
Sumber gambar : http://image.google.com/

Setali tiga uang dengan rumah sakit Dustira, stasiun Cimahi juga dibuat pemerintahan Belanda di abad ke-18 untuk keperluan militer. Meskipun kini wajah aslinya sudah banyak tersentuh kemodernan, tempat ini masih bisa menjadi tujuan wisata gedung atau tempat bersejarah di kota Cimahi.

Selain dua tempat itu, tempat atau bangunan-bangunan bersejarah di Cimahi lainnya yang mungkin bisa menjadi alternatif Anda saat datang ke kota itu di antaranya saja adalah Loji atau Pos Penjagaan yang letaknya di Alun-alun Cimahi; gedung-gedung pusat pendidikan militer; Gereja St. Ignatius; Gedung Sudirman; Penjara Poncol; Bioskop Rio; Abatoir atau Pejagalan;  Rumah Gajah Mada; dan juga Komplek Pemakaman Kerkhoff.

Cimahi, Kota Kecil yang Bersih dan Asri
Saat Anda masuk ke kota Cimahi, suasana bersih dan asri pasti langsung bisa Anda rasakan. Berbeda dengan kota tetangganya, yaitu Bandung dan kabupaten Bandung, Kota Cimahi kebersihan dan keasriannya relatif merata di hampir semua sudut kota. Pengaturan tata kotanya juga cukup rapi. Dan transportasi publiknya juga tidak sesemrawut kota-kota tetangganya itu. Karena hal itulah, wajar jika Kota Cimahi mendapatkan berbagai macam penghargaan. Misalnya saja Penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara dan Piala Adipura.

Pemberian Adipura untuk kota Cimahi
Sumber gambar: http://image.google.com/

Cimahi, The Cyber City
Julukan keren untuk kota Cimahi ini baru beberapa tahun terakhir saya dengar. Bukan lagi sekadar isapan jempol dan wacana belaka. Untuk mewujudkan Cimahi sebagai kota Cyber sebagai dasar untuk pengembangan industri kreatif ini, Pemkot Cimahi sudah membangun gedungnya, yaitu gedung Cimahi Cyber City (C3).

Gedung Cimahi Cyber City (C3)
Sumber gambar : http://image.google.com/

Pemberian julukan ini tentu bukan tanpa alasan. Saya melihat, Cimahi memang sangat berpotensi untuk menjadi kota cyber. Industri kreatif di kota Cimahi sepertinya lebih dominan daripada industri lain yang ada di kota-kota tetangganya. Belum lagi tingkat pendidikan dari penduduk kota Cimahi. Munculnya beberapa sekolah unggulan di Cimahi bisa menjadi tolok ukur di dalam menilai tingkat pendidikan masyarakatnya. Sehingga bukan mustahil jika suatu saat, Cimahi mengalahkan kota-kota terbaik yang ada di Indonesia bahkan dunia karena julukan Cyber City-nya.

Yang unik dari Cimahi
Menjadi salah satu dari sekian banyak kota kecil yang ada di Indonesia bukanlah halangan bagi kota Cimahi untuk maju dan berkembang. Terbukti, beberapa hal yang unik dari kota yang resmi berdiri sendiri di tahun 2001 ini memberi kesan kepada banyak pengunjungnya. Termasuk saya yang memang bukan warga Cimahi. Apa saja keunikan Cimahi di mata pengunjung seperti saya?
  • Tempat Wisata
Selain tempat tujuan wisata gedung-gedung tua dan tempat-tempat bersejarah, Kota Cimahi juga bisa dijadikan tujuan wisata yang lainnya. Misalnya saja sebagai tempat wisata belanja, wisata kuliner, dan wisata alam.

Untuk wisata belanja, sebagai kota kecil, Cimahi menawarkan tempat yang cukup beraneka ragam. Ada tempat wisata belanja modern dan ada juga tempat wisata belanja tradisional. Tempat-tempat wisata belanja ini misalnya saja pasar kaget di Pemkot Cimahi, pasar kaget lapangan Brigif Cimahi, Pasar Recok Cijerah, Buana Supermarket, Cimahi Mall. Pasar Antri Baru, Ramayana Department Store, Samudra Departement Store, dan Yogya Plaza Cimahi.

Lapangan Brigif Cimahi
http://image.google.com/

Untuk wisata kuliner, Makanan-makanan yang ada di kota Cimahi hampir mirip dengan makanan yang ada di kota Bandung. Di sini, apa yang Anda cari di Bandung kebanyakan ada juga di Cimahi. Misalnya saja adalah baso, batagor, cilok, cimol, seblak, keripik, bandrek, bajigur, pisang bolen, brownies kukus, nasi liwet, serta makanan lainnya baik itu makanan tradisional maupun makanan internasional.

Untuk wisata alam, Cimahi sebenarnya tidak banyak mempunyai banyak tempat. Hal ini tentu karena Cimahi adalah sebuah kota kecil. Akan tetapi karena letaknya yang dekat dengan kabupaten Bandung dan juga kabupaten Bandung Barat yang banyak tempat wisata alamnya, maka ketika Anda berkunjung ke Cimahi, Anda bisa sekalian mampir ke tempat-tempat wisata alam di sekitar Cimahi. Tempat-tempat itu misalnya saja adalah All About Strawberry di Jalan Cihanjuang, Villa Katumbiri di Jalan Cihanjuang, Taman Wisata Paku Haji di Jalan Haji Ghofur, Ciwangun Indah Camp (CIC) di Cisarua, Alam Wisata Cimahi, Curug Panganten, Curug Cimahi,  Curug Bugbrug, Curug Tilu, Curug Sawer, Pemandian Air Panas Sari Ater, Pemandian Air Panas Ciwalini, Situ Ciburuy, Situ Lembang, Situ Patengang, Situ Cileunca, Wisata Bunga Cihideung, Agrowisata Perkebunan Teh Sukawana, Agrowisata Perkebunan Teh Pangalengan, Wanawisata Hutan Pinus Perbukitan Jayagiri, Camping Ground Cikole, Camping Ground Ranca Upas, Traking Gunung Burangrang, Wisata Kawah Tangkuban Parahu, dan juga Wisata Kawah Putih.

Curug Cimahi
http://image.google.com/

  • Batik Cimahi
Produk Cimahi yang satu ini tidak banyak diketahui orang. Kebanyakan dari kita hanya tahu bahwa batik itu berasal dari Solo, Malang, Madura, Bali, Pekalongan, Tasik, Garut, Cirebon, Banten, Jombang, Aceh, dan Jepara. Adapun batik Cimahi luput dari pengetahuan.

Batik Cimahi pertama kali dibuat berdasarkan kompetisi yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Cimahi. Dari kompetisi ini dihasilkan motif-motif unik yang kemudian dijadikan sebagai motif batik Cimahi. Motif-motif tersebut di antaranya adalah Motif Kujang (Rereng Kujang dan Kujang Cakra), Motif Ciawitali, Motif Cirendeu, Motif Curug Cimahi, dan Motif Pusdik.

Motif-motif batik Cimahi
http://image.google.com/

Bagi Anda pencinta dan kolektor batik, batik Cimahi merupakan jenis batik yang patut Anda koleksi.
  • Cihanjuang Inti Teknik
Cihanjuang Inti Teknik atau disingkat CINTEK adalah produsen turbin listrik mikro hidro yang terkenal dari Cimahi. Dengan memberdayakan ekonomi masyarakat, perusahaan ini berhasil menggerakkan ekonomi pedesaan. Karena keberhasilannya ini, CINTEK menjadi identik dengan Cimahi. Dan karena keberhasilannya pula, CINTEK sudah mengharumkan nama Cimahi dengan berbagai penghargaan nasional maupun internasional.

CINTEK mempunyai dua divisi, yaitu divisi teknik dan juga divisi makanan – minuman. Divisi teknik lebih berfokus pada pembuatan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Adapun divisi makanan dan minuman ivisi Makanan-Minuman bergerak dalam pembuatan Minuman Tradisional Khas Priangan. Bandrek Hanjuang, Bajigur Hanjuang, Sakoteng, dan Beas Cikur hasil produksi CINTEK kini sudah menjadi produk oleh-oleh khas kota Cimahi.
  • Sekolah-sekolah Berkualitas
Cimahi memang kota kecil. Tapi jangan salah, di kota ini banyak bermunculan sekolah-sekolah unggulan yang mampu menghasilkan lulusan-lulusan potensial. Sebut saja SD Hikmah Teladan, MI-MTS-MA Asih Putera, BPK Penabur, Nurul Falah, Nurul Iman, dan masih banyak lagi.
  • Penghargaan-penghargaan
Semua hal positif mengenai kota Cimahi cukup sulit untuk digambarkan satu per satu. Akan tetapi untuk melihat seberapa hebat kota Cimahi, memperhitungkan prestasi yang pernah diraihnya adalah hal yang paling mudah. Prestasi-prestasi kota Cimahi tersebut di antaranya adalah Penghargaan Raskin Dalam Manajemen Raskin Tahun 2010 Tingkat Jawa Barat, Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP Awards) 2010 Sebagai Juara Pertama Dalam Kategori Perkotaan Bidang Sanitasi, Perkotaan Sub Bidang Pengelolaan Air Limbah, Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP Awards) 2010 Sebagai Juara Kedua Dalam Kategori Perkotaan Bidang Penataan Permukiman Kumuh, Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP Awards) 2010 Sebagai Juara Ketiga Dalam Kategori Perkotaan Bidang Sanitasi, Perkotaan Sub Bidang Persampahan, Citra Bhakti Abdi Negara Sebagai Kota Terbaik Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2009, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pemberian Piala Penghargaan
http://image.google.com/

Nah, bagaimana?
Tulisan ini tentu tidak bisa menggambarkan secara lengkap dan utuh akan berbagai hal positif mengenai Cimahi kepada Anda. Datang berkunjung, menginap, menghabiskan liburan, dan menikmati semua yang ada di Cimahi, pasti akan membuat semuanya menjadi lebih berkesan. Karenanya, yuk ke Cimahi!

Cimahi The Cyber City
http://image.google.com/

Sumber
http://cimahikota.go.id/
http://www.cimahikota.com
http://cimahicybercity.com/
http://www.lemburbatik.com

3 komentar:

  1. Wah, kangen Cimahi. Dulu sempat nyicipi tinggal di cimahi, satu tahun lebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Hehe, aku juga udah lama ga ke Cimahi :D

      Hapus
  2. Aiiih Mak Nia, pinter euy nulis Cimahi. Padahal bukan orang Cimahi yah ;)
    Saya tinggal di Cimahi sejak kecil, tapi masih banyak hal tentang Cimahi yang belum saya tau :p

    BalasHapus